peluncurn rudal balistik Iran mendapat sanski dari Departemen Keungan AS, karenadianggap mengancam keamanan global, sumber : sinarharapan.com

Dieng Pos-Uji coba rudal yang dilakukan Iran beberapa waktu lalu, membuat Departemen Keuangan Amerika Serikat menerapkan sanksi baru terhadap Iran yang diumumkan pada Minggu (17/01).

Seperti dilansir BBC, dan dikutip dari liputan6.com, dalam sanksi tersebut dinyatakan bahwa pencegahan 11 entitas dan individu yang berkaitan dengan program rudal tersebut untuk menggunakan sistem perbankan Amerika Serikat.

dijelaskan, Penerapan sanksi ditempuh sehari setelah pencabutan sanksi-sanksi internasional atas Iran menyusul pernyataan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA), bahwa Iran telah merampungkan segala langkah yang diperlukan untuk menerapkan kesepakatan nuklir.

dengan sanksi ini, 5 warga Iran masuk dalam daftar individu yang mendapat sanksi karena terlibat dalam pengembangan rudal balistik Iran.

Adam J Szubin, seorang pejabat intelijen teroris dan keuangan Amerika Serikat, menyatakan program rudal balistik Iran akan mengancam keamanan wilayah global.

“Program rudal balistik Iran memiliki ancaman besar atas keamanan wilayah maupun global dan akan terus menjadi subyek sanksi internasional,” ujarnya.

atas pemberlakuan sanksi tersebut, Presiden Iran Hassan Rouhani menanggapinya dengan pernyataan bahwa negara yang dipimpinnya telah membuka babak baru dalam hubungannya dengan dunia.(asb)