hari ini MK gelar sidang Pengucapan PHP Kada, sumber: mahkamahkonstitusi.go.id

DiengPOS – Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya mengeluarkan putusan terkait permohonan gugatan Pilkada pada hari ini, Senin (25/1/2016). Tercatat dari delapan gugatan yang disidangkan hari ini tak ada satupun gugatan yang dikabulkan oleh MK.

Salah satu gugatan yang paling banyak menyita perhatian publik adalah dari Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang diduga sarat akan money politik. Namun ternyata MK juga tidak dapat mengabulkan gugatan tersebut karena dianggap salah sasaran.

Seperti yang kami lansir dari laman viva.co.id, Senin (25/1/2016), Ketua MK, Arief Hidayat mengungkapkan: “Permohonan dari pemohon salah objek. Kedudukan hukum pemohon, pokok permohonan, serta eksepsi termohon dan eksepsi pihak terkait tidak dipertimbangkan. (MK) Menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,”

Menurut MK, kedudukan hukum pemohon, pokok permohonan, serta eksepsi termohon dan eksepsi pihak terkait tidak dipertimbangkan, sehingga akhirnya perkara Gugatan Pilkada Kabupaten Wonosobo tersebut ditolak.

Pemohon untuk perkara Pilkada Wonosobo yang dalam hal ini adalah pasangan calon Syarif Abdillah dan Usup Sumanang sebelumnya diketahui mengajukan gugatan terkait Keputusan KPU tentang Pengumuman Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara sebagai objek permohonan. (an)