Menteri Pariwisata Arief Yahya (sumber: Okezone)

Pasca serangan teroris di Jakarta, sektor pariwisata di Indonesia pasti mendapatkan imbas negatif. Namun saat ini, kondisinya sudah normal kembali seperti yang disampaikan oleh Menpar Arief Yahya.

Menurut penuturan Menpar seperti yang dilansir oleh Detik.com, Minggu (17/1/2016). Suasana pariwisata di seluruh Indonesia saat ini sudah normal kembali seperti biasa, bahkan kapal pesiar asing pun sudah ada yang datang mengunjungi Indonesia.

Pemulihan stabilitas yang cepat ini terjadi berkat laporan dan update situasi terkini yang dilakukan oleh masyarakat indonesia melalui sosial media.

“Warga sudah bergerak sendiri, melaporkan fakta lapangan dengan akun Twitter, Facebook, Instagram, Path, Pinterest, dan lain-lain,” ungkap Yahya.

Laporan dari masyarakat yang terus mengupdate kondisi terkini tempat-tempat pariwisata di Indonesia membuat kepercayaan wisatawan asing terus meningkat sehingga segera pulih seperti sediakala. Bahkan menurut menpar, kapal pesiar The Seven Seas Voyager akan tetap tiba sesuai jadwal di Sabang Aceh, 21 Januari 2016. Mereka membawa ribuan wisatawan dari luar negeri. Beberapa Cruise ship juga sudah ada yang mengunjungi Indonesia hingga saat ini.

Selain berkat keampuhan media sosial yang berkembang saat ini, media cetak dan televisi yang sudah mengabarkan berita-berita normal juga berdampak pada kepercayaan wisatawan asing untuk datang berlibur di Indonesia.

Di akhir, Menpar juga berpesan kepada calon wisatawan asing untuk jangan ragu-ragu bila ingin berkunjung ke Indonesia karena kondisi sekarang sudah kondusif dan aman seperti biasanya. (an)